rhadimuharam's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Ayo Menulis

 

Seperti hari-hari sebelumnya, aku masih saja berkutat dengan tema apa yang akan ku tuliskan. Masih bingung mencari judul yang pas untuk ditulis. Membuat novel, terlalu panjang, dan memakan waktu yang tidak sedikit. Membuat cerpen, lagi-lagi tema yang akan diangkat masih bingung.

Kata orang menulis itu hanya modal kebiasaan saja, memang kita hanya membiasakan diri saja dan musuhnya hanya satu, malas. Ya..itulah yang sedang aku alami sekarang, malas. Malas untuk menuangkan apa yang sedang ku pikirkan. Padahal ide-ide cemerlang terkadng melintas di kepala dan tidak sedikit yang kembali tenggelam menghujam dan hilang karena tidak segera dituliskan.

Gampang-gampang sulit menulis itu, tak segampang yang dipikirkan, butuh konsentrai penuh dan kebiasaan. Modalnya hanya membiasakan diri nongkrong di depan monitor computer dan membiasakan diri untuk memusuhi yang namanya malas. Jika rasa malas itu sudah hilang. Dijamin menjadi penulis yang handal dan terkenal, amin.

Modal kedua adalah kreatifitas. Apabila kita sudah membiasakan diri tenggelam dalam tulisan dan tak akan pernah berhenti menghentakan jemari dalam keyboard, jurus ampuh berikutnya adalah kreatifitas. Bagaimana mencari kreatifitas, ya,,banyak pengalaman dan membaca. Tidak hanya membaca yang menurut kita enak di baca, membaca buku yang menurut kita tidak suka juga perlu dilakukan. Untuk menambah perbendaharaan kata dan pengalaman, sehingga dapat memperkaya tulisan-tulisan kita.

Selain kreatifitas, menurutku ada satu lagi yang diperlukan untuk bisa segera dengan lancar bisa menulis, yaitu membiasakan diri berfikir keras. Jangan pernah takut bahwa dengan berfikirk keras kita akan stress atau sakit. Tidak akan pernah. Otak dan tempurung kepala kita sudah dirancang oleh Tuhan YME dan dari sononya untuk memikirkan dan memecahkan persoalan yang kerap dihadapi umat manusia. Jadi nggak usah takut dengan berfiir keras kita akan sakit dan tidak akan bisa tidur. Justru dengan berfikir otak kita akan terbuka dan bekerja sebagimana mestinya.

Jangankan kita, orang sehebat Nabi Muhammd SAW yang mencoba menyelamatkan umat manusia dan mengalami segala macam rintangan fisik dan moral atau Albert Enstein yang menemukan lampu bolham tidak pernah mengalami kepalanya keluar asap karena berfikir keras. Apalagi kita yang hanya berfikir mencari tema apa yang akan dituliskan untuk di baca orang banyak. Tidak 10 persen pun cara kerja otak kita jika dibandingkan dengan cara kerja otak kedua orang hebat tersebut.

Go….ayo rajin menulis…

 

No Responses to “Ayo Menulis”

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.